menemukan jati diri




Kenapa ya jati diri ini mesti harus ditemukan. Emangnya jati diri suka ngumpet di kolong ranjang? Jadi ingat cerita Peter Pan yang bayangannya lepas dari tubuhnya dan mesti dijaitkan ke tubuhnya oleh Wendy. Emangnya kalo bayangan Peter Pan jalan sendiri di bumi, dan Peter Pan terbang sendiri ke Neverland apa masalahnya buat Peter Pan? Alasan nyari bayangannya yang nakal gak mau nurut sama Peter Pan dijadikan alasan Peter Pan balik ke rumah Wendy oleh pengarangnya.

Apa sih sebetulnya jati diri itu? Kenapa mesti ditemukan? Konon, saat remaja adalah saat paling labil sampe ada istilah ababil ato abege labil. Saat ababil adalah saat jiwa berontak, ingin tau ini dan itu. Temen-temen punya blackberry pengen juga. Kayaknya kalo gak punya blackberry seperti yang dimiliki temen-temennya hidup rasanya tidak lengkap.Acara ngambek untuk minta ke ortupun dimulai. Ababil yang berontak cenderung untuk bilang ke ortunya "aku gak mau tau, pokoknya aku pengen blackberry, titik". Belum selesai, masih diteruskan dengan ancaman "kalo gak dapet blackberry aku gak mau belajaaaaar". Karena gak juga dibeliin blackberry akhirnya demo jarang pulang, lebih suka nongkrong di rumah temennya sambil berkeluh-kesah "ortuku jahaaat, aku pengen blackberry gak dibeliin, gak kayak kamu enak, minta apa-apa dibeliin ortu".

Susahnya orang tua labil juga ada. Mereka datang ke dukun, trus bilang ke pak dukun "pak, saya mau bayar berapapun asal bisa naik jabatan". Pak dukunpun menyanggupi, dengan minta syarat ini itu. Yang dukun cabul sekalian minta dilayani nafsu syahwatnya. Aku tetep heraaan, dukun jadi-jadian gitu juga masih ada yang percaya.

Jati diri itu adalah bila bisa menyatukan antara akal sehat dan keinginan. Akal sehat bilang kalo ingin pintar belajar bukan nyontek, lalu dengan sukarela mau belajar untuk mendapatkan nilai yang baik. Untuk orang tua juga begitu, cara untuk naik jabatan adalah dengan menunjukkan prestasi yang baik, bukan ngedukunin bosnya.Bukannya naik jabatan, malah bosnya tau didukunin trus dipecat gimana tuh.

Lingkungan sangat mempengaruhi masalah cara berpikir ini. Kalo ada yang gak pengen terlibat narkoba jangan bergaul dengan pecandu narkoba. Awalnya dikasih narkoba gretongan, trus paket hemat, lama-lama kebutuhan mendesak membuatnya mau nyolong uang ortu. Paling parah kalo udah kecanduan susah nyembuhinnya. Ini cuman sekedar contoh, kebetulan aku belum pernah ngeliat langsung narkoba ini, cuman denger dari cerita aja.

Jati diri dianggap sudah ditemukan kalo kita sudah merasa nyaman dan yakin dengan jalan hidup. Yang suka menulis kayak aku, akan selalu menyisihkan waktu untuk menulis dan mendapatkan kepuasan batin saat selesai menulis. Dan kepuasan batin paling dalam bila bisa memotivasi orang tentang kebaikan, karena aku berusaha punya akal sehat bukan akal yang sakit.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH. UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN

artikel penjelasan rumus PERBANDINGAN matematika smp

Modul Materi Makalah Artikel Ringkasan tentang himpunan Matematika SMP