artikel penjelasan rumus PERBANDINGAN matematika smp




A.      TEORI DAN RUMUS
1.      Gambar Berskala
Jika gambar dengan keadaan yang sebenarnya dan memiliki bentuk yang sesuai maka gambar itu dibuat dengan perbandingan tertentu yang disebut dengan skala.
Rumus perbandingan skala matematika smp
Istilah skala sering kita jumpai kalau kita membuka peta/atlas.

Jika pada peta tertulis skala 1 : 5.000.000, berarti :
·      1 cm pada peta mewakili 5.000.000 cm jarak yang sebenarnya,  atau
·      1 cm pada peta mewakili 50.000 m jarak yang sebenarnya, atau
·      1 cm pada peta mewakili 50 km jarak yang sebenarnya
Skala adalah perbandingan ukuran pada gambar (cm) dengan ukuran sebenarnya (cm) Tampak bahwa skala menggunakan satuan cm untuk dua besaran yang dibandingkan Perlu diingat bahwa :
1 km = 1.000 m = 100.000 cm.


2.      Menyederhanakan Perbandingan
Untuk dua besaran sejenis a dan b dengan m adalah FPB dari a dan b maka :
Rumus:



3.      Perbandingan Senilai
A
B
a1
b1
a2
b2
a3
b3
...
...
an
bn
Misalkan terdapat dua besaran A={a1, a2, a3,...,an} B={b1,b2, b3,...,bn} yang berkorespondensi satu-satu, maka A dan B disebut berbanding senilai. Jika untuk ukuran A semakin besar maka ukuran B semakin besar pula.
Menyelesaikan perbandingan senilai:











4.      Perbandingan Berbalik Nilai
Misal terdapat dua besaran A={a1, a2, a3,..., an} dan B={b1, b2, b3,...,bn} yang berkorespondensi satu-satu maka A dan B disebut berbalik nilai jika untuk ukuran A semakin besar tetapi B semakin kecil.
Menyelesaikan perbandingan berbalik nilai
 
















B.     CONTOH DAN PEMBAHASAN
1.    Usia Ayah 45 tahun dan usia ibu 40 tahun, sedangkan usia Ali 15 tahun serta usia Ani 10 tahun.
Penyelesaian:
·      Perbandingan usia ayah dan ibu =
 45 tahun : 40 tahun = 45 : 40 = 9 : 8
·      Perbandingan Usia Ali dan Ani =
15 tahun : 10 tahun = 15 : 10 = 3 : 2
·      Perbandingan usia Ayah dan Ali =
45 tahun : 15 tahun = 45 : 15 = 3 : 1
2.    Tinggi badan Dewa 160 cm, tinggi badan Dewi, 120 cm dan tinggi badan Gita 60 cm tentukan perbandingan umjur mereka!
Penelesaian:
·      Perbandingan tinggi badan Dewa dan Dewi =
160 cm:120 cm = 160:120 = 4:3
·      Perbandingan tinggi badan Dewi dan Gita =
120 cm:60 cm = 120:60 = 2:1
·      Perbandingan tinggi badan Dewa dan Gita =
160 cm:60 cm = 160:60 = 8:3
3.    Sebuah model pesawat terbang panjang badannya 18 cm, lebar sayapnya 12 cm. Jika lebar sayap pesawat sesungguhnya 8 m, berapakah panjang badan pesawat sesungguhnya?

Jadi, panjang pesawat sesungguhnya adalah 12 meter
4.    Sebuah gedung bertingkat tampak dari depan lebarnya 20 meter dan tingginya 60 meter. Jika tinggi gedung pada model adalah 12 cm, berapakah lebar gedung pada model ?
Penyelesaian:

Jadi, lebar gedung pada model adalah 4 cm


5.    Sebuah panti asuhan mempunyai persediaan beras yang cukup untuk 35 anak selama 24 hari. Berapa hari beras itu akan habis jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak?
Penyelesaian:
Diketahui   :
Banyak anak
Banyak hari
35
24
(35 + 5)
x
              Ditanyakan : Berapa banyak anak jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak?
              Jawab         : Banyak anak bertambah dan banyak hari berkurang, maka menggunakan perbandingan berbalik nilai
40p = 35 x 24
40p = 840
P = 
P = 21
Jadi, untuk 40 anak berasakan habis dalam waktu 21 hari














C.     APLIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Perbandingan dalam kehidupan sehari-hari misalnya:
1.      Untuk menghitung banyak barang dengan jumlah harganya.
2.      Untuk menghitung banyak liter bensin dengan jarak yang ditempuh sebuah kendaraan.
3.      Untuk menentukan jumlah bunga tabungan dengan lama menabung.
4.      Untuk menghitung jumlah kaleng cat dan luas permukaan yang bisa di cat.
5.      Untuk menghitung banyaknya pekerja dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan (untuk pekerjaan yang sama).
6.      Untuk menghitung kecepatan kendaraan dengan waktu tempuhnya (untuk jarak yang sama).
7.      Untuk menghitung banyaknya ternak dan waktu untuk menghabiskan makanan tersebut (untuk jumlah makanan ternak yang sama)
8.      Dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.
D.     SOAL LATIHAN
1.      Jarak pada peta dengan skala 1:40.000 adalah 30 cm. Jarak sebenarnya adalah...
a.       12 km
b.      7,5 km
c.       1,2 km
d.      0,75 km
2.      Sebuah foto berukuran 50 x 80 cm diperbesar 20 %. Perbandingan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar adalah...
a.       1 : 2
b.      1 : 4
c.       4 : 9
d.      25 : 36
3.      Bentuk sederhana dari perbandingan 2500 gr : 0,4 kwintal adalah...
a.       5 : 36
b.      1 : 18
c.       1 : 25
d.      1 : 16
4.      Harga 18 baju Rp. 540.000. harga 2,5 lusin baju tersebut adalah...
a.       Rp. 1000.000
b.      Rp. 900.000
c.       Rp. 800.000
d.      Rp. 750.000
5.      Harga 1 lusin buku Rp. 18.000. jika Anton membeli 3 buku dengan membayar uang 1 lembar lima ribuan, maka uang kembali yang diterima Anton adalah...
a.       Rp. 500
b.      Rp. 1500
c.       Rp. 3000
d.      Rp. 4500
6.      Model sebuah gedung mempunyai ukuran lebar 12 cm dan tinggi 30 cm. Jika tinggi gedung sebenarnya 45 m maka lebar sebenarnya gedung tersebut adalah...
a.       8 m
b.      15 m
c.       16 m
d.       18 m
7.      Jika untuk membuat 6 potong kue diperlukan 18 ons gula halus, maka untuk membuat 9 potong kue diperlukan gula halus sebanyak...
a.       12 ons
b.      13 ons
c.       21 ons
d.      27 ons
8.      Sebuah kapal terbang panjangnya 35 m dan lebarnya 25 m. Dibuat model dengan lebar 15 cm. Panjang pesawat pada model adalah...
a.       55 cm
b.      30 cm
c.       25 cm
d.      21 cm
9.      Untuk membuat 5 potong kue diperlukan 0,5 kg gula. Jika banyak gula yang tersedia 2 kg, maka dapat dibuat kue sebanyak...
a.       10 potong
b.      20 potong
c.       25 potong
d.      30 potong
10.  Delapan pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan selama 75 hari. Jika pekerjaan akan diselesaikan selama 50 hari, maka banyak pekerja yang diperlukan adalah...
a.       10 orang
b.      12 orang
c.       15 orang
d.      20 orang
11.  Sebuah mesin bila dioperasikan selama 4 jam dapat memproduksi 1 kodi barang. Banyak barang yang dapat diproduksi oleh 3 buah mesin selama 2 jam adalah...
a.       30 barang
b.      24 barang
c.       21 barang
d.      18 barang
12.  Sebuah proyek direncanakan selesai selama 12 hari oleh 10 orang. Jika pekerjaan dipercepat 4 hari dari yang direncanakan, maka banyak tambahan pekerja yang diperlukan adalah...
a.       20 orang
b.      15 orang
c.       5 orang
d.      3 orang
13.  Sebuah foto berukuran 4 cm x 6 cm bila foto itu diperbesar dua kali ukuran semula, maka keliling foto itu adalah...
a.       24 cm
b.      28 cm
c.       40 cm
d.      48 cm
14.  Panjang lapangan sepak bola 108 m dan luasnya 7776 m2. Perbandingan panjang lapangan dan lebarnya adalah...
a.       3 : 2
b.      4 : 3
c.       4 : 6
d.      5 : 3
15.  Jarak kota P dan Q dapat ditempuh selam 4 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam, jarak tersebut ditempuh selama...
a.       3 jam
b.      3,5 jam
c.       4,5 jam
d.      5 jam
16.  Untuk menempuh jarak 44 km diperlukan 8 liter bensin. Banyak bensin yang diperlukan untuk menempuh jarak 165 km adalah...
a.       30 liter
b.      26 liter
c.       18 liter
d.      14 liter
17.  Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 12 orang dalam 15 hari. Karena suatu hal, pekerjaan harus diselesaikan 9 hari, banyak pekerja tambahan supaya pekerjaan itu selesai tepat waktu adalah...
a.       8 orang
b.      12 orang
c.       20 orang
d.      76 orang
18.  Suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam 30 hari oleh 10 orang. Setelah bekerja 12 hari pekerjaan terhenti selama 6 hari. Agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu, maka diperlukan tambahan pekerja sebanyak...orang
a.       8
b.      5
c.       4
d.      3
19.  Makanan yang disediakan pengusaha ternak cukup untuk 20 ekor sapi selama 30 hari. Jika sapi dijual 5 ekor, maka persediaan makanan untuk ternak sapi yang sisa, cukup untuk makanan sapi selama...hari
a.       25
b.      35
c.       40
d.      50
20.  Sebuah mobil menempuh perjalanan dari kota P ke kota Q selama 2 jam 30 menit dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Jika jrak tersebut ditempuh dengan kereta memerlukan waktu 1 jam 20 menit, maka kecepatan rata-rata kereta tersebuta adalah...
a.       60 km/jam
b.      75 km/jam
c.       90 km/jam
d.      105 km/jam












Kunci Jawaban Soal Latihan
1.     A
2.     D
3.     D
4.     B
5.     A
6.     D
7.     D
8.     D
9.     B
10.  B
11.  A
12.                                                                                                            C
13.                                                                                                            C
14.                                                                                                            A
15.                                                                                                            A
16.                                                                                                            A
17.                                                                                                            A
18.                                                                                                            B
19.                                                                                                            C
20.                                                                                                            B






Peran Komputer Dalam Pembelajaran Matematika
            Komputer adalah salah satu media elektronik yang sangat modern, komputer juga sudah menjadi salah satu media dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika.Komputer sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika karena dengan komputer pembelajaran menjadi mudah, misalnya ketika  kita ingin menghitung jawaban matematika, kita hanya menuliskan soalnya saja, komputer langsung bisa memberi jawaban yang benar.
Peranannya, baik sebagai alat hitung maupun sebagai alat penyampaian materi pelajaran. Sebagai alat hitung,komputer dapat melakukan perhitungan untuk mencari: logaritma, perbandingan trigonometri, operasi hitung, dan sebagainya.
Sedangkan sebagai alat/media penyampaian materi pelajaran, komputer dapat diprogramuntuk membantu siswa dalam belajar (pembelajaran individu). Dalam pembelajaran matematika, komputerbanyak digunakan untuk menyampaikan materi yang memerlukan gerak (animasi), gambar, suara dll.
Komputerdapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pelajaran kepada siswa. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan seseorang belajarsecara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini dimungkinkan karena komputer mempunyaikemampuan: menyimpan dan memanipulasi data, alfanumerik; menampilkan beberapa operasi dengan cara yang tepat; serta dapat mengkornbinasikan teks, suara, wama, gambar, gerak, dan video.      
            Salah satu contoh aplikasi matematika dalam komputer adalah MATCHAD, dengan matchad kita dapat menghitung faktor dari suatu persamaan, integral, limit dll. Sehingga memudahkan kita dalam menyelesaikannya. Disamping itu juga dalam komputer terdapat rumus-rumus dan simbol-simbol matematika.



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH. UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN

POKOK-POKOK SESORAH

MATERI Geografi SMP Atmosfer dan Hidrosfer